PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SISPERMAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 LABUAN LOMBOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

JULIANA, JULIANA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SISPERMAN PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 LABUAN LOMBOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JULIANA FULL (CD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan dan kelayakan media permainan ular tangga sisperman pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Labuan Lombok tahun pelajaran 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis. design, development, implementation, evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach. Subjek dari penelitian ini adalah 24 siswa kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengisian angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media permainan ular tangga sisperman pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Labuan Lombok sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian akhir yang didapatkan dari uji ahli media memperoleh nilai persentase 96, 42% dengan kriteria sangat layak, dari ahli materi memperoleh nilai persentase 91, 66% dengan kriteria sangat layak, dan respon siswa memperoleh nilai persentase 92, 01% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Permainan Ular Tangga Sisperman, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 01:59
Last Modified: 03 Sep 2021 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item View Item