PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropa curcas L.) TERHADAP SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANG DIINFEKSI BAKTERI Vibrio harveyi

BAGUS, ANSANI TAKWIN (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropa curcas L.) TERHADAP SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANG DIINFEKSI BAKTERI Vibrio harveyi. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Bagus Ansani Takwin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan komoditas unggulan ekspor perikanan di Indonesia, permintaan udang vaname di pasar domestik dan international semakin meningkat. Sistem budidaya intensif dapat dilakukan dengan padat tebar yang tinggi. Akan tetapi, sistem budidaya ini akan menimbulkan resiko yang tinggi, diantaranya akan menimbulkan limbah budidaya yang banyak, resiko tersebut dapat menyebabkan kualitas air menurun, sehingga sistem imun udang menurun dan rentan terkena penyakit, Salah satu penyakit yang menyerang udang vaname adalah penyakit vibriosis. Jarak pagar merupakan solusi yang dapat digunakan sebagai immunostimulan dalam budidaya udang vaname. Daun jarak memiliki kandungan senyawa fenol yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, saponin mempunyai kemampuan merangsang sel imun sehingga dapat berperan sebagai immunostimulator, flavonoid dapat meningkatkan aktivitas fagositosis. Udang vaname dipelihara dan diberi pakan campur ekstrak daun jarak pagar selama 50 hari dengan kepadatan 20 ekor per container dan diuji tantang dengan Vibrio harvey selama 10 hari. Hasil Penelitian menunjukkan dosis 3% merupakan dosis terbaik dalam peneltian ini karena mampu meningkatkan total hemosit, nilai tertinggi P5 sebesar 22,9 x 106 sel/ml, nilai DHC seperti sel hialin berkisar 46,3-70,7%, sel granular berkisar 16,3-31,3% dan sel semigranular berkisar 11-22,3% , nilai AF tertinggi P5 sebesar 63,7%, nilai TBC terendah pada P2 sebesar 0,17 x 1010 CFU/ml, nilai TVC terendah pada P2 sebesar 0 CFU/ml, Nilai SR tertinggi P2 sebesar 88,3% dan nilai RPS tertinggi P5 sebesar 69,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Daun jarak pagar, Imunostimulan, Udang Vaname
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 01:59
Last Modified: 03 Sep 2021 01:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item