ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH AMANDA DALAM NOVEL HIJRAH TERINDAH KARYA INDAHNURSF & JAYMES R. : TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA.

AMELIA, FEBRIANI (2021) ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH AMANDA DALAM NOVEL HIJRAH TERINDAH KARYA INDAHNURSF & JAYMES R. : TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI _ AMELIA FEBRIANI _ E1C116007_ Final 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik Internal dan Eksternal tokoh Amanda yang terdapat dalam novel Hijrah Terindah karya Indahnursf & Jaymes R. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yaitu psikoanalisis, Teknik pengumpulan data yaitu teknik baca, catat, dan pustaka. Alat pengumpulan data yaitu penulis sendiri dan kartu data. Konflik internal tokoh Amanda meliputi ; Rasa tertekan dan takut, kebimbangan, putus asa, sedih, marah, rasa bersalah dan tidak bahagia. Konflik eksternal pada tokoh Amanda meliputi ; Rasa panik berupa mimpi buruk dan rasa gelisah karena perlakuan orang- orang di dalam club malam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan peneliti mengenai konflik batin dalam novel melalui kajian psikologi sastra dan dapat diterapkan dalam penelitian lain seputar kajian tersebut, serta membantu para pembaca untuk memahami isi cerita novel Hijrah Terindah terutama aspek konflik batin yang dialami tokoh Amanda melalui kajian psikologi sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Psikologi, Novel, Psikoanalisis Sigmund Freud.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:37
Last Modified: 03 Sep 2021 08:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23961

Actions (login required)

View Item View Item