“PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PUJUT”

Herdi, Purwangsa S (2021) “PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PUJUT”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE_UJIAN_SKRIPSI_HERDI CLEAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Pujut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Pujut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan atau dialog dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Pujut yang melanggar penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa. Data diperoleh dengan metode simak dengan teknik dasar sadap yang melibatkan teknik lanjutan yakni teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dilanjutkan dengan teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan referensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan yakni adanya penyimpangan prinsip kesantunan yang diklasifikasikan ke dalam enam maksim, di antaranya penyimpangan maksim kearifan, penyimpangan maksim kedermawanan, penyimpangan maksim pemujian, penyimpangan maksim kerendah-hatian, penyimpangan maksim kesepakatan dan penyimpangan maksim simpati. Hasil analisis data dari penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa yang telah dipaparkan dapat dikategorikan berdasarkan indikator pada masing-masing maksim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: penyimpangan, prinsip kesantunan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:38
Last Modified: 03 Sep 2021 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item View Item