Pengaruh Penggunaan Media Labirin Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan Materi PPKn Kelas III SDN 2 Seteluk

ALFANDI, ALFANDI (2021) Pengaruh Penggunaan Media Labirin Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan Materi PPKn Kelas III SDN 2 Seteluk. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALFANDI_E1E017006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media labirin terhadap minat belajar peserta didik muatan materi PPKn Kelas III SDN 2 Seteluk. Jenis penelian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitiannya Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di SDN 2 Seteluk. Pengambilan subjek melalui teknik Sensus/Sampling Total. Metode pengumpulan data yaitu angket dan obsevasi. Angket digunakan untuk memperoleh data berupa minat belajar PPKn peserta didik, sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media labirin. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, nilai selisih rata-rata posttest pretest kelompok eksperimen dan kontrol, dan uji effect size, diperoleh nilai signifikan atau Sig(2- tailed) 0,012 yang berarti lebih kecil dari 0,05, nilai selisih rata-rata kelompok eksperimen sebesar 1,7 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,5 dan nilai effect size sebesar 0,787. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh pengunaan media labirin terhadap minat belajar peserta didik muatan materi PKKn kelas III SDN 2 Seteluk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Pembelajaran, Labirin, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:29
Last Modified: 06 Sep 2021 23:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item