MENGEMBANGKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS ANAK USIA 4-5 TAHUN) DI DESA PUYUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

DESI, RAMDAYANI (2021) MENGEMBANGKAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS ANAK USIA 4-5 TAHUN) DI DESA PUYUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PERBAIKAN JURNAL II DESI RAMDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan suatu proses berpikir, yaitu kemampuan invidu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa. Media Flashcard adalah suatu media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25x30 cmPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kognitif anak melalui pengembangan media flashcard anak usia 4-5 Tahun di Dusun Waker Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini mengacu pada Research and Development Borg& Gall. Metode pengumpulandata pada penelitian ini menggunakan metode observasi dokumentasi serta menerapkan penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi. Subyek penelitian ialah anak usia 4- 5 tahun di Dusun Waker Desa Puyung.Hasil uji coba permainan pada subyek dengan jumlah empat orang anak menghasilkanperubahan langkah-langkah cara bermain agar lebih tepat dimainkan untuk anak. Berdasarkan uji efektivitas dalam mengukur peningkatan perkembangan kognitif anak, diperoleh hasil bahwa permainan ini mampu meningkatkan perkembangankognitifanakdengan kategori tinggi. Sehingga dari uji efektivitas permainan secara kelompok menunjukkan bahwa permainan media flashcard dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Kognitif,MediaFlash Card
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:30
Last Modified: 06 Sep 2021 23:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23994

Actions (login required)

View Item View Item