PENGEMBANGAN TEKNIK MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2020/2021

LAELA, RIZKI FITRIANA (2021) PENGEMBANGAN TEKNIK MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mengacu pada fenomena yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan pengamatan di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Hasil pengamatan pada kegiatan awal bahwa anak kelompok B pada kesiapan anak 7 dari 15 murid kelas A tersebut memiliki masalah pada perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teknik mozaik guna meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 7 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode pengembangan teknik mozaik dilakukan dengan 3 tahap, yakni tahap ke-1 media yang digunakan adalah kuaci dengan tingkat kesulitan rendah, tahap ke-2 media yang digunakan adalah kancing baju dengan tingkat kesulitan sedang, dan tahap ke 3 media yang digunakan adalah kerang dengan tingkat kesulitan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan teknik mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai berikut : pada tahap 1, terdapat indikator yang kurang mampu dicapai oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu menggunting dan mencocokkan dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian adalah 79,6%. Pada tahap ke-2, terdapat indikator yang sudah dicapai dengan baik oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu menempel bahan yang telah disediakan dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian pada tahap ini adalah 80,57%. Pada tahap ke-3, terdapat indikator yang sudah mampu dicapai dengan baik oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu memegang gunting dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai pada tahap ini adalah 87,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknik mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : motorik halus, teknik mozaik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:30
Last Modified: 06 Sep 2021 23:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item