LAELA, RIZKI FITRIANA (2021) PENGEMBANGAN TEKNIK MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM NURUL IMAN SEKARBELA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Mengacu pada fenomena yang terjadi di lapangan, maka peneliti melakukan pengamatan di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Hasil pengamatan pada kegiatan awal bahwa anak kelompok B pada kesiapan anak 7 dari 15 murid kelas A tersebut memiliki masalah pada perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan teknik mozaik guna meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 7 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode pengembangan teknik mozaik dilakukan dengan 3 tahap, yakni tahap ke-1 media yang digunakan adalah kuaci dengan tingkat kesulitan rendah, tahap ke-2 media yang digunakan adalah kancing baju dengan tingkat kesulitan sedang, dan tahap ke 3 media yang digunakan adalah kerang dengan tingkat kesulitan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan teknik mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela Tahun Ajaran 2020/2021 sebagai berikut : pada tahap 1, terdapat indikator yang kurang mampu dicapai oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu menggunting dan mencocokkan dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian adalah 79,6%. Pada tahap ke-2, terdapat indikator yang sudah dicapai dengan baik oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu menempel bahan yang telah disediakan dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai oleh ke-7 subyek penelitian pada tahap ini adalah 80,57%. Pada tahap ke-3, terdapat indikator yang sudah mampu dicapai dengan baik oleh ke-7 subyek penelitian, yakni indikator anak mampu memegang gunting dengan benar, nilai rata-rata yang dicapai pada tahap ini adalah 87,66%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknik mozaik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Sekarbela.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci : motorik halus, teknik mozaik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 23:30 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 23:30 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23995 |
Actions (login required)
View Item |