EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SDN 22 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021.

Risma, Maya Kinanti (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SDN 22 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISMA MAYA KINANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Daring di Era New Normal pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 22 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Bahasa Indonesia: a). Rancangan persiapan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia yang diatur dalam bentuk RPP pembelajaran daring tidak berjalan dengan efektif. Dalam rancangan persiapan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia yang dilakukan oleh guru tidak terdapat rancangan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, dan sumber belajar. b). Pelakanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia yang dilakukan oleh guru tidak berjalan dengan efektif. Dapat dilihat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia guru terkendala oleh sarana dan prasarana dalam melaksanakan materi pembelajaran, pelaksanaan metode pembelajaran, pelaksanaan media pembelajaran, pelaksanaan alat pembelajaran, dan pelaksanaan sumber pembelajaran daring. c). Pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia yang dilaksanakan oleh guru tidak berjalan dengan efektif karena guru tidak menyiapkan LKPD dan situs web sebagai sarana yang memudahkan siswa dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa indonesia. Untuk itu Efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang dilaksanakan tidak efektif untuk diterapkan saat pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Era New Normal.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:51
Last Modified: 07 Sep 2021 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24019

Actions (login required)

View Item View Item