STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UMMI SALAMAH DALAM NOVEL ANAK-ANAK PANGARO KARYA NUN URNOTO EL BANBARY DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ISADORA, KARIMA RASYIDI (2021) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UMMI SALAMAH DALAM NOVEL ANAK-ANAK PANGARO KARYA NUN URNOTO EL BANBARY DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang struktur kepribadian pada novel Anak- Anak Pangaro karya Nun Urnoto El Banbary dan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh Ummi Salamah dalam novel Anak- Anak Pangaro berdasarkan psikoanalisis Sigmund Freud dan (2) mendeskripsikan hubungan hasil analisis struktur kepribadian tokoh Ummi Salamah dengan pembelajaran sastra di SMA. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut maka jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) studi pustaka dan (2) metode baca-catat. Hasil penelitian ini meliputi struktur kepribadian Ummi Salamah yang terdiri dari id, ego dan superego. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aspek id dalam diri Ummi Salamah ditunjukkan dengan dorongan yang berprinsip pada kesenangan dan mencari kenikmatan. Ego merupakan aspek yang sering kali muncul dalam diri Ummi. Ego ditunjukkan dengan perilaku demi pemenuhan dan mendamaikan dorongan id dan superego dalam dirinya. Superego berupa kata hati dan ego-ideal ditunjukkan dengan kepedulian terhadap orang-orang disekitarnya saat Ummi tidak ingin menyakiti sahabatnya, tidak ingin mengecewakan ibunya serta merasa bangga terhadap diri sendiri. Terkait dengan hubungan hasil analisis dengan pembelajaran sastra di SMA, siswa dapat mengidentifikasi unsur intrinsik novel yang berfokus pada tokoh yang ada dalam novel khususnya menggunakan teori struktur kepribadian Sigmund Freud.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: struktur kepribadian, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:51
Last Modified: 07 Sep 2021 02:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24021

Actions (login required)

View Item View Item