IMPLEMENTASI YOGA ASANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK DIMASA COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Cahaya Ananda)

Kadek Deny Mulya Sari, Ni (2021) IMPLEMENTASI YOGA ASANA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK DIMASA COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-kanak Cahaya Ananda). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI KADEK DENY_E1F017050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yoga Asana merupakan gerakan-gerakan ketangkasan kususnya untuk mempelajari tentang postur-postur tubuh tertentu yang memberikan manfaat pada keseluruhan sistem tubuh dengan kegiatan kontekstual dikemas secara sederhana dan menyenangkan agar dapat menstimulasi perkembangan Fisik Motorik anak. Adapun Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif kualitatif. Data di peroleh dari observasi, wawancara, dokumentasi dan dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu: kredibilitas, dan konfirmabilitas. Penelitian ini diterapkan pada anak berusia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 5 wanita pada kelompok B1 di TK Cahaya Ananda. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Yoga Asana sebagai pembelajaran, meliputi tahapan awal yaitu menyiapkan alat, mengatur tempat duduk anak dan berdoa. Tahap inti melakukan gerakan Yoga Asana seperti mengikuti gerakan sikap gunung, sikap pohon, sikap ular, kupu-kupu, pesawat terbang dan lainnya. Dan ditahap penutup melakukan gerakan pendinginan untuk memulihkan tenaga, diakhiri dengan doa penutup. Kondisi tumbuh kembang fisik motorik anak setelah berlatih Yoga Asana yang melekat dengan pembelajaran, mengalami peningkatan gerak fisik, lebih lentur, sehat dan kuat serta kebiasaan hidup sehat menjadi lebih baik. Perkembangan Fisik Motorik Anak di TK Cahaya Ananda pada saat melaksanakan Yoga Asana dapat mengalami peningkatan, proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah karena otot–otot syaraf tangan, kaki, sudah terlatih. Berbagai bentuk respon yang ditunjukkan oleh anak, dianalisa bahwa secara umum anak telah memahami dan dapat mengikuti gerakan yang dapat melatih kekuatan Fisik Motoriknya Kesimpulannnya, bahwa implementasi Yoga Asana dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik khusunya kemampuan dalam mengkoordinasi gerak mata-kaki-tangan-kepala pada anak usia 5-6 tahun di TK Cahaya Ananda yang dilaksakan secara berulang-ulang dengan selalu melakukan perbaikan pada setiap tahapannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Yoga Asana, Fisik motorik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:52
Last Modified: 07 Sep 2021 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item View Item