ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPN 4 GERUNG DALAM KARANGAN SISWA

DICK, EMA DEVIANA (2021) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPN 4 GERUNG DALAM KARANGAN SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada siswa kelas VIIIb SMPN 4 Gerung dalam karangan siswa; (2) mendeskripsikan kesalahan pilihan kata pada siswa kelas VIIIb SMPN 4 Gerung dalam karangan siswa; (3) mendeskripsikan kesalahan struktur kalimat pada siswa kelas VIIIb SMPN 4 Gerung dalam karangan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan analisis isi dengan sampel laporan hasil observasi siswa kelas VIIIb SMPN 4 Gerung berjumlah 10 orang dengan menggunakan metode simak dan metode dokumentasi. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa karangan deskripsi hasil karya siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Gerung. Teknik catat juga dilakukan sebagai teknik lanjutan setelah peneliti membaca sumber data. Hasil penelitian ini adalah. Bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam laporan hasil observasi siswa kelas VIIIb SMP Negeri 4 Gerung meliputi: kesalahan dalam penggunaan ejaan; kesalahan pilihan kata; kesalahan struktur kalimat. Faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam laporan hasil observasi siswa disebabkan oleh penguasaan kaidah berbahasa yang kurang, ketidak telitian dalam menulis, kurangnya motivasi menulis dan kurangnya kosa kata siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : analisis kesalahan berbahasa, bentuk kesalahan, penggunaan ejaan, karangan deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:52
Last Modified: 07 Sep 2021 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24042

Actions (login required)

View Item View Item