RANCANG BANGUN NON-INVERTING BUCK-BOOST CONVERTER (NIBB) SEBAGAI PENGISIAN ACCUMULATOR PADA SISTEM PLTS RUMAH TANGGA.

HIDAYATUR, RAHMAN (2021) RANCANG BANGUN NON-INVERTING BUCK-BOOST CONVERTER (NIBB) SEBAGAI PENGISIAN ACCUMULATOR PADA SISTEM PLTS RUMAH TANGGA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Hidayatur rahman_F1B114017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengaplikasian energi terbarukan dapat dimana saja termasuk pada rumah tangga, salah satu sumber energi yang bisa dimanfaatkan adalah energi surya dengan menggunakan panel surya. Tegangan pada panel surya tentunya bergantung dari radiasi surya yang diterima oleh panel surya sehingga dibutuhkan DC to DC converter sebagai penstabil tegangan. Pada penelitian ini DC to DC converter yang digunakan adalah Non-Inverting Buck-Boost Converter (NIBB) berbasis arduino yang akan menstabilkan tegangan panel surya, sehingga dapat digunakan untuk pengisian accu 12 V 40 Ah . Hasil penelitian menunjukan peralatan Non-Inverting Buck-Boost Converter (NIBB) dapat digunakan untuk pengisian aki 12 Volt 40 ah dengan tegangan awal aki sebesar pada tanggal 16 Juni sebesar 11,86 Volt dan tegangan akhir aki setelah dicharge sebesar 12,86 Volt dengan daya pengisian rata – rata sebesar 47,50 Watt sedangkan daya solar panel rata-rata sebesar 56,68 Watt sehingga efesiensi rata – rata dari perangkat sebesar 82,75 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Panel Surya, Accu, Dc to Dc Converter, Non-Inverting Buck-Boost Converter (NIBB), Arduino.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:37
Last Modified: 07 Sep 2021 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item