PENGEMBANGAN PER MATERI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING ANGKAT PEMBELAJARAN PADA USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL

RAHASTI, ISNAINI (2021) PENGEMBANGAN PER MATERI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING ANGKAT PEMBELAJARAN PADA USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RAHASTI ISNAINI (NIM E1Q013044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran adalah rancangan pembelajaran yang berisi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja peserta didik sebagai pedoman bagi guru yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran baik dikelas, laboratorium dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pada materi usaha dan energi berbasis model project based learning yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan desain model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: define (pendefinisian); design (perancangan); develop (pengembangan); dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Berdasarkan hasil validasi oleh ahli, pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini berada pada kategori sangat valid dan reliabel. Hasil validasi ini dipublikasikan pada Jurnal Pendidikan STEM Indonesia. Persentase validitas dan reliabilitas sebesar 85,83% dan 96,19% pada silabus; 86,67% dan 94,29% pada rencana pelaksanaan pembelajaran; serta 85,83% dan 94,86% pada lembar kerja peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, perangkat pembelajaran pada materi usaha dan energi berbasis model project based learning layak digunakan. Peneliti lainnya dapat meneruskan pada tahap penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Project Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:38
Last Modified: 07 Sep 2021 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item