PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 SANDIK

Baiq, Annisa Yuliana (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, DAN INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 SANDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Annisa Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar IPA materi macam-macam gaya kepada siswa kelas IV di SDN 1 Sandik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design Tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Jumlah keseluruhan sampel adalah 60 siswa. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 21.0 for windows. Uji statistik pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen mengalami perubahan yaitu dari nilai pre-test sebesar 56,40 dan nilai posttest sebesar 71,57. Hasil analisis data perhitungan statistic dengan menggunakan uji t (paired-sample t-test) diperoleh 6,931 > 2,045, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Uji gain ternormalisasi dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh. Hasil uji gain ternormalisasi yang peneliti dapat sebesar 0,3 sesuai dengan katagori skor gain ternormalisasi termasuk kedalam katagori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 1 Sandik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar Dan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Sep 2021 12:38
Last Modified: 07 Sep 2021 12:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24059

Actions (login required)

View Item View Item