KESENJANGAN SOSIAL MASYARAKAT LOMBOK UTARA DALAM BUKU KUMPULAN PUISI LANGIT SEPERTI CANGKANG TELUR BEBEK KARYA IMAM SAFWAN KAJIAN EKOKRITIK: EKOLOGI SOSIAL PERSPEKTIF GREG GARRARD

Nurul, Fadilah (2021) KESENJANGAN SOSIAL MASYARAKAT LOMBOK UTARA DALAM BUKU KUMPULAN PUISI LANGIT SEPERTI CANGKANG TELUR BEBEK KARYA IMAM SAFWAN KAJIAN EKOKRITIK: EKOLOGI SOSIAL PERSPEKTIF GREG GARRARD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Nurul Fadilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini berjudul Kesenjangan Sosial Masyarakat Lombok Utara dalam Buku Kumpulan Puisi Langit Seperti Cangkang Telur Bebek Karya Imam Safwan, Kajian Ekokritik: Ekologi Sosial Perspektif Greg Garrard. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan masalah sosial, masalah kebersamaan, dan masalah kemerataan lewat diksi yang terdapat pada larik puisi dalam menggambarkan kesenjangan sosial masyarakat Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan teori ekokritik sastra dalam posisi ekologi sosial perspektif Greg Garrad untuk mengungkap kesenjangan sosial yang terdapat dalam puisi. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dalam bentuk analisis dokumen atau analisis konten pada diksi dalam puisi dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat, dan studi pustaka. Dari 154 puisi yang ada, hanya 9 puisi yang dijadikan sampel untuk dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa lewat diksi yang sederhana, yang dekat dengan lingkungan dan masyarakat, Imam Safwan berhasil mengungkap kesenjangan sosial yang ada dilingkungan hidup masyarakat Lombok Utara dalam bentuk adanya masalah sosial (masalah lingkungan dan ekonomi, masalah adat dan budaya, masalah pendidikan), masalah kebersamaan (masalah cinta, masalah persahabatan, masalah asosiasi mutualistik), dan masalah kemerataan (masalah perlakuan, masalah kesempatan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesenjangan Sosial, Puisi, Ekokritik, Ekologi Sosial, Greg Garrard
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:20
Last Modified: 08 Sep 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24060

Actions (login required)

View Item View Item