PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN WERA TAHUN 2021

SINTA, AINUN (2021) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN WERA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SINTA AINUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina kecamatan Wera tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Pre-experimental Design dengan desain one group pretest- posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera, sejumlah 23 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 perempuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel nonprobability sampling dengan tehnik sampling purposive. Tehnik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan hipotesis statistic. Hasil uji normalitas diperolah nilai signifikansi pretest 0,071 dan posttest 0,122 lebih dari (>) 0,05 artinya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021. Terlihat dari nilai signifikansi kemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai t hitung 18,40 > t tabel 1,717 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina kecamatan Wera tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen Pre-experimental Design dengan desain one group pretest- posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera, sejumlah 23 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 14 perempuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel nonprobability sampling dengan tehnik sampling purposive. Tehnik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan hipotesis statistic. Hasil uji normalitas diperolah nilai signifikansi pretest 0,071 dan posttest 0,122 lebih dari (>) 0,05 artinya data berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021. Terlihat dari nilai signifikansi kemampuan membaca permulaan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dengan nilai t hitung 18,40 > t tabel 1,717 yang berarti bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Wera tahun 2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Gambar, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:20
Last Modified: 08 Sep 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24062

Actions (login required)

View Item View Item