IMPLEMENTASI IZIN PEMBANGUNAN PENGINAPAN DI KAWASAN PARIWISATA SEMBALUN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW)

MOH, MAHENDRA (2021) IMPLEMENTASI IZIN PEMBANGUNAN PENGINAPAN DI KAWASAN PARIWISATA SEMBALUN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR NOMOR 2 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-MOH MAHENDRA-D1A017184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami izin pembangunan penginapan di kawasan pariwisata Sembalun yang sesuai dengan pelaksannya ditinjau dari Perda Kabupaten Lombok Timur Nomor 2 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) serta untuk mengkaji dan menganalisa bentuk penegakan hukum dalam upaya menertibkan penginapan di kawasan pariwisata Sembalun agar sesuai dengan ketentuan RTRW. Penelitian dilaksanakan dengan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Implementasi izin pembangunan penginapan di Kawasan pariwisata Sembalun sudah diterapkan oleh instansi dan/atau pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Akan tetapi, dalam pelaksanaan peraturan di masyarakat masih belum dapat ditaati dan dipatuhi sepenuhnya. Upaya penegakan hukum dalam menertibkan izin pembangunan penginapan di kawasan pariwisata Sembalun oleh pemerintah daerah yang melalui dinas berwenang, yaitu dengan meningkatkan volume pengawasan yang efektif disertai dengan pembinaan dalam bentuk menegur bahkan menghentikan kegiatan yang sudah terbukti melakukan pelanggaran tertentu sebagai sanksi yang dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : implementasi, izin pembangunan, pengawasan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:20
Last Modified: 08 Sep 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item