PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LABUAPI

Tuti, Handayeni (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TUTI HANDAYENI_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi video pembelajaran hasil pengembangan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel penelitian adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Labuapi sebanyak 12 siswa untuk kelas kontrol dan 15 siswa untuk kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar (skor post-test) pada materi pembelajaran perubahan lingkungan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validitas video yang telah dikembangkan diperoleh persentase 84% dari segi media yang termasuk kriteria sangat valid dan 86% dari segi materi yang termasuk kriteria sangat valid. Hasil analisis data hasil belajar menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata post-test antara kelas eksperimen melalui penerapan pembelajaran menggunakan media video yang dipadukan dengan pendekatan STS dan kelas kontrol melalui penerapan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 84,23, sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 67,17. Nilai signifikansi uji t dua sampel bebas yang diperoleh sebesar 0,002, artinya nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada 0,05 (p-value < 0,05), sehingga Ho ditolak. Kesimpulan penelitian adalah video berbasis STS yang telah dikembangkan memiliki spesifikasi sebagai berikut: 1) durasi singkat, 2) bersifat interaktif, 3) memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, 4) akses dan penggunaan video sangat mudah, dan 5) mengasah kemampuan berpikir siswa. Penerapan pembelajaran menggunakan video berbasis pendekatan Science Technology Society (STS) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Labuapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: video pembelajaran, STS, hasil belajar biologi siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:20
Last Modified: 08 Sep 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24070

Actions (login required)

View Item View Item