GENDER DAN LINGKUNGAN (PERAN PEREMPUAN DALAM MENGATASI MASALAH SAMPAH DI LINGKUNGAN BELAKANG PASAR AIKMEL TIMUR KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR)

SAFINA, RAUDATUS SHOFFA (2021) GENDER DAN LINGKUNGAN (PERAN PEREMPUAN DALAM MENGATASI MASALAH SAMPAH DI LINGKUNGAN BELAKANG PASAR AIKMEL TIMUR KECAMATAN AIKMEL LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SAFINA RAUDATUS SHOFFA (L1C017084).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Gender dan Lingkungan (Studi Tentang Peran Perempuan Dalam Mengatasi Masalah Sampah Di Lingkungan Belakang Pasar Aikmel Timur, Kecamatan Aikmel Lombok Timur) ”. Lingkungan belakang pasar Aikmel Timur terdapat masalah lingkungan berupa pencemaran lingkungan dan kurangnya tanggung jawab pengurus pasar. Inilah alasan dibentuknya komunitas perempuan peduli lingkungan di lingkungan belakang pasar Aikmel Timur. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep tindakan sosial dari Max Weber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Informan penelitian komunitas perempuan dan perangkat Desa Aikmel Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi lapangan dan hasil dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat peran yang dijalankan oleh komunitas perempuan ini diantaranya (1) peran perempuan dalam mengelola sampah berupa gotong royong untuk kebersihan dan membangun kebersamaan, membuat kerajinan (2) peran perempuan dalam menyampaikan informasi berupa sosialisasi kepada masyarakat dan para pedagang di sekitar pasar (3) peran perempuan dalam pengawasan sosial berupa mengawasi para pedagang dan masyarakat yang tidak taat aturan (4) peran perempuan dalam kreatifitas dan inovasi berupa membuat kerajinan bersama anak-anak dari belpas peduli yang berbahan plastik, kulit kelapa dan bahan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Gender, lingkungan dalam mengatasi masalah sampah.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:20
Last Modified: 08 Sep 2021 03:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item