DINAMIKA KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENUNJANG PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) (Kasus Kelompok Wanita Kebon Kopi Di Kelurahan Kebon Sari Kecamatan Ampenan Kota Mataram)

Qurratul, Aeni (2021) DINAMIKA KELOMPOK WANITA TANI DALAM MENUNJANG PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) (Kasus Kelompok Wanita Kebon Kopi Di Kelurahan Kebon Sari Kecamatan Ampenan Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_QURRATUL AENI_C1G016181.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya dalam pemantapan ketahanan pangan terutama bagi masyarakat perkotaan yang padat penduduk yaitu dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Pemerintah telah menetapkan program untuk menunjang keberlanjutan dari kegiatan pemanfaatan pekarangan yaitu melalui program KRPL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika kelompok dan kendala yang dihadapi kelompok Wanita Kebon Kopi di Kelurahan Kebon Sari, Kecamatan Ampenan Kota Mataram dalam kegiatan KRPL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah responden ditentukan secara sensus. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dinamika kelompok terkategori dinamis dengan capaian skor 93. 2) Kendala yang dihadapi oleh Kelompok Wanita Kebon Kopi adalah sulit untuk membagi waktu antara pekerjaan utama dan kegiatan KRPL, kekuraangan dana saat menerapkan inovasi di pekarangan masing-masing, anggota sering terlambat, dan sering terjadi selisih paham.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: KRPL, deskriptif, sensus, dinamis.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:21
Last Modified: 08 Sep 2021 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24084

Actions (login required)

View Item View Item