FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETERNAK DALAM MEMILIH JENIS SEMEN BEKU SAPI TERTENTU UNTUK INSEMINASI BUATAN INDUK SAPI BALI DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NURUL, SAKINA (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETERNAK DALAM MEMILIH JENIS SEMEN BEKU SAPI TERTENTU UNTUK INSEMINASI BUATAN INDUK SAPI BALI DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL SAKINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peternak dan pemahaman peternak dalam memilih jenis semen beku tertentu pada induk sapi Bali di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Materi penelitian diambil dari 6 desa di Kecamatan Labuhan Haji dengan total sampel ternak sebanyak 90 ekor. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dan wawancara.Variabel yang diamati meliputi produktivitas sapi, induk sapi, semen beku serta identitas peternak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik sederhana meliputi rata-rata dan persentase, hasilnya diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor- faktor sangat mempengaruhi peternak dalam memilih jenis semen beku sapi tertentu yaitu 33% pertumbuhan cepat, 14,4 % induk dara dan 54 % tingkat keberhasilan inseminasi buatan (IB) sama saja tergantung induk. Semen beku paling diminati yaitu 47% sapi Simental dan kurang diminati 42% sapi Brahman. Identitas peternak meliputi umur rata-rata 42,5 tahun, tingkat pendidikan paling dominan yaitu 59% sekolah dasar, lama beternak rata-rata 17 tahun, pekerjaan utama yaitu 39% sebagai petani, jumlah tanggungan keluarga rata-rata 3 orang dan kepemilikkan ternak rata- rata 4 ekor. Kesimpulan, faktor yang mempengaruhi peternak memilih jenis semen beku untuk IB adalah faktor produktivitas sapi, induk, semen beku dan peternak serta peternak sudah mengetahui faktor-faktor tersebut dalam memilih jenis semen beku.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Faktor-faktor, peternak, semen beku, sapi Bali, sapi Simental, sapi Limosin
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 23:02
Last Modified: 08 Sep 2021 23:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24093

Actions (login required)

View Item View Item