PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2020/2021

BAIQ, ELFA ZUHRUFILLAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ ELFA ZUHRUFILLAH_ E1E017025_SKRIPSI.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (8MB)
[img] Text
BAIQ ELFA ZUHRUFILLAH_ E1E017025_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Abstark: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 20 Ampenan Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Think Pair Share dan tes hasil belajar. Dalam pengujian instruemen peneliti menggunakan uji validitas ahli dan lapangan, dan uji reliabilitas. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,015 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig.2 tailed < 0,05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh model pembelajaran tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 20 Ampenan Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:07
Last Modified: 09 Sep 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item View Item