HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

MIRA, NANIY SALFIYANI (2021) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 .doc
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks narasi siswa, dan membuktikan apakah ada hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Praya Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif , jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Praya Tengah sejumlah 134 peserta didik. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling tipe Simple Random Sampling, sehingga diperoleh 67 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Terdiri dari 2 tes yaitu tes soal pilihan ganda dan tes menulis karangan narasi. Data dianalisis dengan berbantuan SPSS 16 for windows. Pendeskripsian tingkat penguasaan dan keterampilan menulis teks narasi siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dan pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan rumus Pearson product moment dengan bantuan SPSS 16 for windows . Hasil penelitian menunjukkan tingkat penguasaan kosakata siswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 20,87, tingkat keterampilan menulis teks narasi siswa berada pada kategori cukup baik dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 71,94. Nilai r-hitung 0,658 ≥ r-tabel 0,2369 pada taraf signifikan 5% yang artinya ada hubungan yang signifikan dan positif antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis teks narasi kelas V. Berdasarkan Pedoman interpretasi terhadap koefesien korelasi menurut Sugiyono (2018: 257) nilai r-hitung sebesar 0,658 berada pada interval 0,60 - 0,779 yang menunjukkan hubungan yang kuat. Oleh karena itu, penguasaan kosakata merupakan aspek yang sangat penting untuk dikembangkan dan diperhatikan dalam mendukung proses belajar siswa terlebih dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas V. Kata

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kunci: Penguasaan kosakata, Keterampilan menulis teks narasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:07
Last Modified: 09 Sep 2021 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item View Item