IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANKURIKULUM 2013 DI SDN 25 CAKRANEGARA

Luh, Ayu Sudarmini (2021) IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANKURIKULUM 2013 DI SDN 25 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LUH AYU SUDARMINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru dalam menyusun komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SDN 25 Cakranegara.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 meliputi; 1) kesulitan dalam mengembangkan komponen indikator pencapaian kompetensi, 2) kesulitan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, 3) kesulitan dalam membuat dan mengembangkan penilaian. Beberapa kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa factor yaitu; 1) kurangnya pemahaman yang dimiliki guru terhadap prinsip- prinsip penyusunan komponen rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, 2) latar belakang pendidikan, 3) ketersediaan waktu yang kurang memadai.Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut dengan bertanya kepada teman, mencari referensi melalui internet, dan memanfaatkan file-file yang didapat saat pelatihan.Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 25 Cakranegara masih mengalami kesulitan dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan guru, RPP kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:46
Last Modified: 09 Sep 2021 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item