FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MASA PANDEMI COVID-19 SMPN 1 GUNUNGSARI

JUMAEDI, JUMAEDI (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MASA PANDEMI COVID-19 SMPN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_JUMAEDI_E1B017024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang medukung motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi covid-19 SMPN 1 Gunungsari, 2) untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi covid-19 SMPN 1 Gunungsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru PPKn SMPN 1 Gunungsari. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa faktor yang mendukung motivasi belajar siswa yang kemudian dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu a). Resource Input yang terdiri dari strategi dan metode mengajar guru yang variatif, sarana dan prasarana, alat/media pembelajaran dan lingkungan belajar siswa, b) Main Input yang terdiri dari minat, bakat, kecerdasan, kepribadian, kesehatan, dan kesiapan siswa, c) Environmental Input yang terdiri dari lingkungan sosial, dan keadaan ekonomi keluarga. Kemudian, ada beberapa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi covid-19 SMPN 1 Gunungsari, yaitu memberikan nilai, memberikan hadiah/reward, mengadakan persaingan/kompetisi, mengadakan ulangan atau ujian, memberikan motivasi, memberikan hasil ulangan, memberikan kesempatan siswa membaca, menjelaskan tujuan pembelajaran, membangkitkan minat belajar siswa dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motivasi Belajar siswa, Faktor Pendukung, Upaya guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:46
Last Modified: 09 Sep 2021 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24119

Actions (login required)

View Item View Item