PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA GUNA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (STUDI DI DESA SETELUK TENGAH KECAMATAN SETELUK KABUPATENSUMBAWA BARAT)

MAULIDYA, ADILA (2021) PENERAPAN PRINSIP AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA GUNA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (STUDI DI DESA SETELUK TENGAH KECAMATAN SETELUK KABUPATENSUMBAWA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (MAULIDYA ADILA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa guna mewujudkan good governance di Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam penelitian ini ada tiga orang subjek yaitu Kepala Desa, Kaur.Keuangan, dan Sekretaris Desa.Dalam penentuan subjek penelitian dilihat dari seberapa penting fungsinya dalam menjalankan pemerintahan di desa tersebut.Sedangkan untuk Informannya terdiri dari dua orang yaitu Ketua Badan Permusyawaratan Desa dan kepala lingkungan.Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik porposiv sampling yaitu dengan pertimbangan terrtentu sehingga peneliti tidak sembarangan dalam menentukan informan.Teknik pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan prinsip akuntabilitas di Desa Seteluk Tengah sudah berjalan dengan baik. 2) Pelaksanaan good governance di desa seteluk tengah sudah berjalan dengan cukup baik. 3) Prinsip akuntabiltas merupakan salah satu aspek yang dianggap cukup penting dalam menjalankan suatu sistem pemerintahan dan juga guna mencapai pemerintahan yang baik seperti yang diharapakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa, Good Governance
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:48
Last Modified: 12 Sep 2021 22:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24133

Actions (login required)

View Item View Item