ANALISIS PROBLEMATIKA GURU MELAKSAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SDN 77 NI’U KOTA BIMA

HAIRUNISA, HAIRUNISA (2021) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU MELAKSAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SDN 77 NI’U KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HERI HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi oleh guru pada pelaksanaan pembelajaran berbasis TIK dalam kurikulum 2013. Probelematika tersebut terdiri dari kendala yang dihadapi oleh guru, faktor penyebab, dan strategi untuk mengatasi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Kendala yang dihadapi guru: kendala pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. 2) Faktor penyebab terjadinya kendala: terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. 3) Strategi mengatasi kendala: Belajar menggunakan perangkat TIK, meminta bantuan atau arahan guru lain ketika mengalami kesulitan, mengusulkan pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang. Mengusulkan ke dinas untuk mengeluarkan edaran wajib menguasai perangkat TIK, melaksanakan pelatihan dibidang TIK.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problematika guru, Kurikulum 2013, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24137

Actions (login required)

View Item View Item