RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI PAGODA (Brassica rapa subsp. narinosa) TERHADAP PERLAKUAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA

Alpini, Aulia (2021) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI PAGODA (Brassica rapa subsp. narinosa) TERHADAP PERLAKUAN DOSIS PUPUK NPK MUTIARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALPINI AULIA_C1M017008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sawi pagoda (Brassica rapa subsp. narinosa) belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga tidak banyak orang yang paham tentang praktek budidayanya. Salah satu praktek budidaya yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil sawi pagoda adalah pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pagoda terhadap perlakuan dosis pupuk NPK Mutiara. Satu percobaan dilakukan pada bulan Maret sampai April 2021 di Desa Mambalan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Ada lima perlakuan dosis pupuk NPK Mutiara yang diuji, yaitu 100, 150, 200, 250 dan 300 kg/ha. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok dengan empat ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan hasil tanaman sawi pagoda memberikan respon yang berbeda terhadap perlakuan dosis pupuk NPK Mutiara. Pertumbuhan (tinggi tanaman, jumlah daun, diameter kanopi) dan hasil (berat berangkasan basah) terbaik dihasilkan oleh perlakuan dosis 200 kg/ha. Selanjutnya, untuk budidaya tanaman sawi pagoda dengan pemupukan menggunakan NPK Mutiara, disarankan untuk menggunakan 200 kg/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Berat segar, berat akar, diameter kanopi, jumlah daun, pemupukan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24138

Actions (login required)

View Item View Item