ANALISA MUTU MIKROBIOLOGIS, KIMIA, ORGANOLEPTIK SERTA DAYA SIMPAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) PADA VARIASI LAMA PERENDAMAN EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa oleifera)

TRIONO, SAPUTRA (2021) ANALISA MUTU MIKROBIOLOGIS, KIMIA, ORGANOLEPTIK SERTA DAYA SIMPAN IKAN BANDENG (Chanos chanos) PADA VARIASI LAMA PERENDAMAN EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa oleifera). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRIONO SAPUTRA (J1A017115) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu mikrobiologi, kimia, organoleptik serta daya simpan ikan bandeng (Chanos chanos) pada variasi lama perendaman dengan ekstrak daun kelor (Moringa oleifera). Metode yang digunakan pada penelitan ini yaitu metode eksperimental dengan percobaan di laboratorium. Rancangan Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yaitu lama perendaman yaitu 0 menit, 30 menit, 45 menit, 60 menit, 75 menit dan 90 menit. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu parameter kimia, mikrobiologi dan organoleptik. Parameter kimia meliputi analisa pH dan kadar air, parameter mikrobiologi meliputi uji total mikroba, sedangkan parameter organoleptik meliputi tekstur, aroma, kenampakan dan rasa. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan aplikasi Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan uji lanjut Polynomial Orthogonal untuk parameter kimia dan parameter mikrobiologi dan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) untuk parameter organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan lama perendaman dengan ekstrak daun kelor selama 60 menit merupakan perlakuan terbaik dalam pengawetan ikan bandeng selama 9 jam berdasarkan pH 5,71, kadar air 73,83%, jumlah koloni bakteri log 5,23 CFU/gr yang sesuai dengan persyaratan mutu ikan segar berdasarkan SNI No. 01-2779.1-2006 serta organoleptik yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Daun Kelor, Ikan Bandeng, Perendaman.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24145

Actions (login required)

View Item View Item