PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 LABUAN LOMBOK

JULIANI, JULIANI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 LABUAN LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-JULIANI-E1E017064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh siswa sebagai kemampuan dasar dalam belajar matematika, untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperlukan sebuah pembelajaran yang memfasilitasi tercapainya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lombok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pre eksperimental tipe one group pretest posttest. Sampel penelitian ini siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lombok yang berjumlah 31 orang, teknik sampling menggunakan nonprobability sampling/tidak acak. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran konstruktivisme. Tes uraian digunakan untuk memperoleh data kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV sebelum dan setelah diberi perlakuan. Instrumen observasi dan tes terlebih dulu diukur validitasnya menggunakan uji ahli, hasil uji ahli menyatakan bahwa instrument penelitian layak digunakan untuk pengambilan data sedangkan dokumentasi digunakan sebagai data pendukung untuk merekam kegiatan pembelajaran. Hasil uji normalitas data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,200 > 0,05 untuk data pretest dan 0,160 > 0,05 untuk posttest yang berarti data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi 0,875 > 0,05 yang berarti bahwa data homogen. Setelah diketahui data berdistribusi normal dan homogen selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan paired simple t test dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 hal ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan pembelajaran konstruktivisme. Besarnya pengaruh pembelajaran konstruktivisme dihitung dengan Uji N Gain diperoleh nilai sebesar 0,31 tergolong sedang sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pembelajaran konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 1 Labuan Lombok. Berdasarkan proses pembelajaran dengan sintaks konstruktivisme terlihat siswa berperan lebih aktif dalam kegiatan apersepsi, eksplorasi, refleksi dan aplikasi sehingga setiap tahapan pembelajaran konstruktivisme mendukung ketercapaian siswa memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pembelajaran konstruktivisme, pemecahan masalah matematika sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item