ANALISIS MASALAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 KERUAK

DUHA, HARDIYANTI AWALIA (2021) ANALISIS MASALAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 KERUAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DUHA HARDIYANTI AWALIA 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Terjadinya wabah Covid-19 mengharuskan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dengan menerapkan sistem pembelajaran seperti e learning. Dalam pembelajaran e-learning tentunya terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran, serta keefektivitasan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan pembelajaran e-learning pada masa pandemi dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran e-learning terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik Kelas X di SMAN 1 Keruak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Keruak yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran e-learning pada masa pandemi dengan nilai persentase angket tertinggi yakni 78% yang mengatakan sulit. Efektivitas pembelajaran e-learning terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar dengan jumlah persentase siswa yang menjawab di atas nilai KKM sebesar 12% untuk literasi sains dan 16% untuk hasil belajar. Sehingga proses pembelajaran e-learning pada masa pandemi kurang maksimal. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses belajar e-learning pada masa pandemi perihal koneksi dan paket internet, dan efektivitas pembelajaran e-learning terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar masih rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:permasalahan pembelajaran e-learning, efektivitas, literasi sains, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24148

Actions (login required)

View Item View Item