PROSES PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJAR ONLINE SISWA SMAN 1 LEMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

BAIQ, INDAH KOMALASARI (2021) PROSES PEMBELAJARAN DAN KESULITAN BELAJAR ONLINE SISWA SMAN 1 LEMBAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH KOMALASARI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam proses pembelajaran online terdapat beberapa kesulitan belajar, untuk mengetahui kesulitan selama proses pembelajaran maka dilakukan sebuah penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran online siswa dan kesulitan belajar selama pelaksanaan pembelajaran online di SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan proses pembelajaran online dan kesulitan belajar pada kelas XI IPA di SMAN 1 Lembar. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran online dilaksanakan dengan 3 tahap yakni perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran serta evaluasi. Pada tahap pendahuluan guru biologi SMAN 1 Lembar membuka pelajaran yang diawali dengan salam dan kalimat-kalimat yang memotivasi siswa agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Kegiatan inti, kegiatan inti adalah tahap pemberian materi dan tugas, materi yang disampaikan oleh guru berupa video pembelajaran yang di unggah oleh guru ke Youtube dan link dikirimkan melalui WhatstsApp, pemberian tugas dilakukan dengan google form, tugas akan diberikan minimal 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay, pengumpulan tugas melalui google form. Terdapat dua kesulitan belajar yang dialami siswa di SMAN 1 Lembar yakni kesulitan dalam proses menggunakan aplikasi WhattApp dalam proses pembelajaran dan pada sarana. Selama proses pelaksanaan pembelajaran online siswa mengalami kesulitan dengan persentase tertinggi yakni 49%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menggunakan aplikasi WhatsApp saat pembelajaran online yakni chat group yang masuk membuat siswa tidak dapat fokus dalam belajar, kesulitan berupa sinyal dan ketidakmampuan dalam belajar daring merupakan kesulitan yang paling sering dialami, siswa mengeluhkan bahwa belajar sulit karena terkendala sinyal dan boros kuota internet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Covid-19, Proses Pembelajaran Online, Kesulitan Belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Sep 2021 22:49
Last Modified: 12 Sep 2021 22:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item View Item