PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.G SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

WATAN, NAZMUL (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.G SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII G SMP Negeri 13 Mataram masih menggunakan pembelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran secara langsung sehingga tampak sebagai sebuah aliran informasi dari guru ke siswa. Hal ini berdampak pada kurangnya keikutsertaan siswa dalam pengonstruksian konsep pada materi yang sedang dipelajari sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan- persoalan matematika. Akibatnya, prestasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 5 tahap, yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi serta tahap refleksi, dimana indikator yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu apabila terjadi peningkatan rata- rata skor aktivitas dari siklus ke siklus dan minimal berkategori aktif serta terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa mencapai 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85% dari total siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan rata-rata skor aktivitas siswa masing-masing 9,8 dan 13,15 dengan kategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan rata-rata nilai prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 70,71 dan 77,90 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal masing70,97% dan 87,10%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi Garis dan Sudut kelas VII G SMP Negeri 13 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelejaran Koopertatif Tipe TPS, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Apr 2018 06:26
Last Modified: 12 Apr 2018 06:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item