PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19

NURDIANTI, NURDIANTI (2021) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURDIANTI 2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan matematika FKIP Unram terhadap proses pembelajaran daring, kemampuan belajar setelah pembelajaran daring, dan untuk mendeskripsikan terkait dengan pembelajaran daring di era covid-19 pada mahasiswa pendidikan matematika FKIP Unram tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk pengambilan data dilakukan penyebaran angket melalui google form, dengan sampel mahasiswa pendidikan matematika yang aktif dan belajar secara daring pada tahun akademik 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah angket tertutup, dimana responden tinggal memilih jawaban yang sudah tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unram terhadap proses pembelajaran daring pada tahun akademik 2020/2021 berkategori baik dengan persentase sebesar 79,13%. Sedangkan persepsi mahasiswa terhadap kemampuan belajar setelah pembelajaran daring berkategori baik dengan persentase sebesar 70,44%. Berdasarkan hasil persentase skor untuk setiap indikator persepsi proses pembelajaran daring dan kemampuan setelah pembelajaran daring, ada beberapa hal yang harus dipertahankan dan dikembangkan dalam pembelajaran daring di Prodi Pendidikan Matematika Unram yaitu 1). Dosen selalu menyediakan materi atau bahan pelajaran. 2). Materi yang diberikan oleh dosen berupa modul atau buku paket. 3). Materi yang disajikan secara daring sesuai dengan kontrak perkuliahan/RPS. 4). Proses pembelajaran daring dilakukan menggunakan aplikasi google meet. 5). Mahasiswa lebih mudah menggunakan aplikasi google meet pada proses pembelajaran daring. 6). Mahasiswa selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. 7). Dosen selalu mengecek kehadiran mahasiswa. 8). Dosen memberikan nilai tambahan kepada mahasiswa yang aktif bertanya dan menjawab pada proses pembelajaran daring. 9). Dosen selalu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi. 10). Dosen memberikan respon terhadap pertanyaan yang muncul selama proses perkuliahan daring. 11). Dosen memberikan umpan balik dengan cara mengajukan pertanyaan kepada mahasiswa terkait materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: persepsi, pembelajaran daring, proses pembelajaran daring, kemampuan belajar, Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:20
Last Modified: 13 Sep 2021 06:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24268

Actions (login required)

View Item View Item