PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

H A M D I, H A M D I (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_Hamdi_ Bab 1-5, daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hamdi, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja. Tesis Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram. Pembimbing I, Dr. Asrin, M.Pd., dan Pembimbing II, Dr. Fahruddin, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara dengan menggunakan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah semua guru PNS yang berjumlah 139. Sampel penelitian berjumlah 60 guru PNS yang diperoleh dengan proportionate random sampling. Instrumen penelitian yang dipakai sebagai alat ukur variabel penelitian adalah angket model skala Likert. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh kepemimpinan visioner terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara dengan kontribusi sebesar 14%, 2) ada pengaruh iklim kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, dengan kontribusi sebesar 35,1%, 3) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, dengan kontribusi sebesar 50,6%, 4) ada pengaruh kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara dengan kontribusi sebesar 59,7%, artinya bahwa jika kepemimpinan visioner kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi kerja lebih diefektifkan, maka kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara juga akan semakin efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kepemimpinan Visioner kepala sekolah, Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Sep 2021 23:12
Last Modified: 13 Sep 2021 23:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24271

Actions (login required)

View Item View Item