POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera frugiperda) PADA DUA TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG (Zea mays)

Bayu, Primarta (2021) POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera frugiperda) PADA DUA TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN JAGUNG (Zea mays). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Bayu Primarta 06 September 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah populasi, dan intensitas serangan hama ulat Spodoptera frugiperda pada dua teknik budidaya tanaman jagung (Zea mays) monokultur dan polikultur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif, dengan menggunakan teknik observasi lapangan dan koleksi spesimen hasil observasi.Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sistematik random sampling pada 12 lokasi pertanaman jagung milik petani yang tersebar di Pulau Lombok. Dalam pengambilan sampel ditentukan sub petak pada area tanaman secara diagonal dan pada masing-masing sub petak diambil sampel dengan luas 5x5 meter. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisist-Test Two-Sample Assuming Equal Variances. Hasil penelitian ditemukan bahwa perbedaan warna pada larva Spodoptera frugiperdatersebut diakibatkan oleh faktor perbedaan instar larva. Selain itu pengamatan populasi dan intensitas serangan Spodoptera frugiperda menunjukkan perbedaan, dimana populasi dan intensitas serangan pada teknik monokultur lebih besar dibandingkan pada teknik polikultur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : jagung, populasi Spodoptera frugiperda, Intensitas Serangan,monokultur dan Polikultur.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:27
Last Modified: 17 Sep 2021 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item