KAJIAN KETERSEDIAAN DAN KUALITAS NUTRISI BERBAGAI SAMPAH ORGANIK YANG BERPOTENSI SEBAGAI MEDIA MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) DI KOTA MATARAM

JULIA MUSTIKA ARIYANTI, BQ (2021) KAJIAN KETERSEDIAAN DAN KUALITAS NUTRISI BERBAGAI SAMPAH ORGANIK YANG BERPOTENSI SEBAGAI MEDIA MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermetia illucens) DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BQ JULIA MUSTIKA ARIYANTI_B1D017047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan kualitas nutrisi dari berbagai media sampah organik yang berpotensi sebagai media tumbuh maggot BSF. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampah organik, data ketersediaan sampah di instansi terkait, dan data hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan 2 tahapan metode yaitu tahap pertama inventarisasi ketersediaan sampah organik rumah tangga, pasar, dan peternakan ayam petelur di Kota Mataram dan tahap kedua yaitu analisis kandungan nutrisi sampah organik. Variabel yang diamati yaitu tingkat ketersedian sampah organik (per harinya dan mengkaji kualitas nutrisi berbagai sampah organik (kadar air, kadar Abu, PK, LK, dan SK). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ketersediaan sampah organik berdasarkan diagram menunjukkan bahwa produksi sampah yang paling tertinggi berdasarkan sumbernya seperti sampah rumah tangga sebesar 77%, kotoran ayam sebesar 19%, sampah pasar 4%, sampah sayur 0,03%, dan sampah buah sebesar 0,02% dan masing-masing sampah organik mengandung PK yaitu kotoran ayam kandungan PK sebesar 18,64%, sampah pasar kandungan PK sebesar 15,95%, sampah RT kandungan PK sebesar 13,10%, sampah sayur kandungan PK sebesar 2,03%, dan sampah buah kandungan PK sebesar 14,18%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan tingkat produksi sampah organik perharinya didapatkan produksi tertinggi pada sampah rumah tangga sebesar 77%, dan secara keseluruhan sampah organik memiliki kualitas nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan maggot, namun untuk sampah sayur dan sampah buah memiliki kadar air tinggi sehingga diperlukan pengolahan terlebih dahulu untuk dijadikan sebagai media maggot.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Inventarisasi, produksi, kadar air, PK, media maggot.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:27
Last Modified: 17 Sep 2021 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24352

Actions (login required)

View Item View Item