ANALISIS PEMASARAN SAYURAN SELADA HIDROPONIK DI KOTA MATARAM

Mita, Muliati (2021) ANALISIS PEMASARAN SAYURAN SELADA HIDROPONIK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MITA MULIATI C1G017141 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Teknologi hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan larutan nutrisi sebagai media tanam dan teknologi hidroponik dilakukan dalam rumah tanam atau green house. Teknologi hidroponik ini memiliki banyak keunggulan dibanding dengan teknik bertanam secara tradisional, diantaranya ramah lingkungan, produk yang dihasilkan higenis, pertumbuhan tanaman lebih cepat, kualitas hasil tanaman dapat terjaga, dan kuantitas dapat lebih meningkat. Selada (Lactuca sativa L) merupakan sayuran populer karena memiliki warna, tekstur serta aroma yang menyegarkan tampilan makanan dan salah satu sayuran yang memiliki nilai ekonomi tinggi, kandungan gizi yang banyak membuat tanaman ini berpotensi untuk terus dibudidayakan. Selada memiliki kandungan gizi dan vitamin antara lain : Kalsium, Fosfor, Besi, vitamin A, B dan C. Bertani dengan system hidroponik memberikan peluang besar bagi masyarakat yang ingin bertani pada lahan sempit namun membutuhkan modal yang cukup besar, akan tetapi mampu menghasilkan produksi dengan skala tinggi. Bertani secara hidroponik memberikan andil pendapatan yang cukup bagi masyarakat terutama petani pemilik lahan sempit. Kota Mataram sebagai ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang cukup potensial sebagai penghasil selada hidroponik karena minimnya ketersediaan lahan untuk usahatani Selada. Tujuan penelitian ini adalah untuk ; (1) mengetahui saluran pemasaran selada di Kota Mataram, (2) mengetahui efisiensi pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran selada di Kota Mataram. Penelitian dilakukan di kota Mataram, menggunakan metode deskriptif dan unit penelitian ini adalah usaha yang dilakukan petani pengusaha selada hidroponik maupun usaha pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemasaran. Penelitian dilakukan pada dua lokasi penelitian yakni kecamatan Ampenan dan kecamatan Cakranegara yang ditentukan secara purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah petani pengusaha selada hidropohik berjumlah 3 responden yang diperoleh dengan metode sensus dan responden lembaga pemasaran berjumlah 16 (terdiri dari 1 responden Pedagang Pengumpul dan 15 responden Pedagang Pengecer) yang diperoleh dengan metode snow ball. Sumber data adalah data primer yang diperoleh dari responden dan data sekunder yang bersumber dari dinas / instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat (tiga) saluran pemasaran selada hidroponik di Kota Mataram, yakni ; (I) Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir, (II) Petani → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir, (III) Petani → Konsumen Akhir, 2) Saluran pemasaran I tidak efisien karena tidak memenuhi syarat efisien dimana share petani sebesar 50%, Distribusi keuntungan 0,33 serta margin pemasaran Rp 20.000/kg. Saluran pemasaran II efisien karena memenuhi syarat efisien dimana share petani sebesar 57,14%, distribusi keuntungan 0,71 serta margin pemasaran Rp 15.000/kg dan saluran pemasaran III efisien karena telah memenuhi syarat efisien dimana share petani 100%, distribusi keuntungan 1 serta margin pemasaran Rp 0/kg. Dalam penelitian ini diajukan saran sebagai berikut ; 1) petani pengusaha sayuran selada hidroponik kiranya dapat meningkatkan kuantitas produksi dan sebaiknya memasarkan selada langsung pada konsumen akhir agar memperoleh keuntungan yang lebih besar. 2) Diharapkan petani pengusaha selada hidroponik di kota Mataram agar lebih memprioritaskan pemasaran produksinya pada saluran pemasaran II agar dari aspek ekonomi dapat lebih membantu meningkatkan keuntungan pedagang pengecer dan juga merupakan saluran pemasaran yang paling efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pemasaran, Selada, Hidroponik.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:18
Last Modified: 20 Sep 2021 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24366

Actions (login required)

View Item View Item