PERTUMBUHAN BAKTERI KANDIDAT PROBIOTIK PADA MEDIA AIR REBUSAN KEDELAI DAN MOLASES SERTA KEMAMPUANNYA MEREDUKSI AMONIA DENGAN METODE In Vitro

RADDINA, SAFITRI (2021) PERTUMBUHAN BAKTERI KANDIDAT PROBIOTIK PADA MEDIA AIR REBUSAN KEDELAI DAN MOLASES SERTA KEMAMPUANNYA MEREDUKSI AMONIA DENGAN METODE In Vitro. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RADDINA SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Probiotik merupakan mikroorganisme non patogen yang dapat meningkatkan kesehatan ternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan bakteri kandidat probiotik pada media air rebusan kedelai dan molases serta kemampuannya dalam mereduksi amonia. Pada pertumbuhan bakteri, penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan waktu pengukuran OD600 (Optical Density) sebagai kelompok. Hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan nyata (P<0,05) pada media pertumbuhan dan waktu pengukuran nilai OD600. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua bakteri dapat tumbuh pada media berbahan air rebusan kedelai dan molases. Pertumbuhan bakteri lebih cepat pada media LB namun semua bakteri mencapai fase stationer pada jam ke-5. Sedangkan pada media air rebusan kedelai dan molases, bakteri masih mengalami fase logaritmik. Pada uji amonia, dilakukan pengukuran sebanyak 3 kali (hari ke-1, hari ke-2 dan hari ke-3). Kadar amonia diukur menggunakan kit HANNA INSTRUMENTS Handheld Colorimeter LR HI700. Hasil uji ANOVA menunjukkan adanya perbedaan nyata (P<0,05) pada kadar amonia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bakteri kandidat probiotik dapat tumbuh dengan baik pada media air rebusan kedelai dan molases serta memiliki kemampuan dalam mereduksi kadar amonia sehingga dapat dijadikan sebagai probiotik untuk ternak unggas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Probiotik, pertumbuhan bakteri, media air rebusan kedelai dan molases amonia, feses unggas.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:18
Last Modified: 20 Sep 2021 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24367

Actions (login required)

View Item View Item