PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS, DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA

AHMAD, AHMAD (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS, MENYAJI HASIL ANALISIS, DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap demokratis siswa kelas XI TKJ 3 SMKN 2 Kuripan dalam pembelajaran PPKn melalui Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah indikator Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 22 deskriptor (78,6%) dari 28 jumlah deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis yang mencapai 2 dari 3 jumlah indikator sebanyak 22 siswa (78,6%) dari 28 jumlah siswa, keterampilan menyaji hasil analisis yang mencapai 4 dari 5 jumlah indikator sebanyak 20 siswa (71,4%) dari 28 jumlah siswa dan sikap demokratis siswa yang mencapai 5 dari 6 jumlah indikator sebanyak 21 siswa(75%) dari 28 jumlah siswa. Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan dengan penggunaan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang muncul sebanyak 28 deskriptor (100%) dari 28 jumlah deskriptor. Seiring dengan meningkatnya variabel tindakan maka variabel harapan meningkat pula. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis yang mencapai 2 dari 3 jumlah indikator sebanyak 25 siswa (89,3%) dari 28 jumlah siswa, keterampilan menyaji hasil analisis mencapai 4 dari 5 jumlah indikator sebanyak 28 siswa (100%) dari 28 jumlah siswa dan Sikap demokratis siswa yang mencapai 5 dari 6 jumlah indikator sebanyak 26 siswa (92,9%) dari 28 jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat Meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis dan sikap demokratis siswa kelas XI TKJ 3 SMKN 2 Kuripan pada Mata Pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis, dan sikap demokratis siswa kelas XI TKJ 3 SMKN 2 Kuripan dalam pembelajaran PPKn melalui Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah indikator Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 22 deskriptor (78,6%) dari 28 jumlah deskriptor. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis yang mencapai 2 dari 3 jumlah indikator sebanyak 22 siswa (78,6%) dari 28 jumlah siswa, keterampilan menyaji hasil analisis yang mencapai 4 dari 5 jumlah indikator sebanyak 20 siswa (71,4%) dari 28 jumlah siswa dan sikap demokratis siswa yang mencapai 5 dari 6 jumlah indikator sebanyak 21 siswa(75%) dari 28 jumlah siswa. Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan dengan penggunaan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang muncul sebanyak 28 deskriptor (100%) dari 28 jumlah deskriptor. Seiring dengan meningkatnya variabel tindakan maka variabel harapan meningkat pula. Persentase kemunculan variabel harapan berupa kemampuan menganalisis yang mencapai 2 dari 3 jumlah indikator sebanyak 25 siswa (89,3%) dari 28 jumlah siswa, keterampilan menyaji hasil analisis mencapai 4 dari 5 jumlah indikator sebanyak 28 siswa (100%) dari 28 jumlah siswa dan Sikap demokratis siswa yang mencapai 5 dari 6 jumlah indikator sebanyak 26 siswa (92,9%) dari 28 jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat Meningkatkan kemampuan menganalisis, menyaji hasil analisis dan sikap demokratis siswa kelas XI TKJ 3 SMKN 2 Kuripan pada Mata Pelajaran PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:50
Last Modified: 13 Apr 2018 02:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item