HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA MTs DI KOTA MATARAM

SITI, SYIFA’UN NUFUS ZAINUDDIN (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN LITERASI SAINS DAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA MTs DI KOTA MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS SITI SYIFA'UN NUFUS Z..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gaya belajar siswa merupakan informasi penting yang harus diperhatikan oleh guru dalam mengembangkan literasi sains dan kreativitas ilmiah. Sehubungan dengan hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya belajar dengan literasi sains dan kreativitas ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dilaksanakan di MTsN di Kota Mataram dengan subyek penelitian berjumlah 307 siswa atau 43,9% dari populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data gaya belajar siswa diadaptasi dari Kuesioner VARK versi 8.01. Kemampuan literasi sains diukur dengan menggunakan soal pilihan ganda, sedangkan kreativitas ilmiah diukur dengan menggunakan soal essai. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar berhubungan signifikan dan searah dengan literasi sains dan kreativitas ilmiah siswa MTsN di Kota Mataram (p < 0,05). Selain itu kreativitas ilmiah juga terbukti berhubungan signifikan dan searah dengan literasi sains siswa (p < 0,05). Gaya belajar yang berhubungan paling signifikan dengan literasi sains dan kreativitas ilmiah adalah kinestetik. Indikator kreativitas ilmiah yang berhubungan paling signifikan dengan literasi sains adalah sensitivitas terhadap masalah sains.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Gaya Belajar, Literasi Sains, Kreativitas Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:22
Last Modified: 20 Sep 2021 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24431

Actions (login required)

View Item View Item