HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 04 MASBAGIK TAHUN 2020/2021

Abdi, Niswandi (2021) HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 04 MASBAGIK TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Abdi Niswandi (E1E216001) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 04 Masbagik Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup untuk variabel gaya belajar dan dokumentasi untuk mengumpulkan data hasil belajar. Subjek penelitian sebanyak 40 responden yaitu siswa kelas IV SDN 06 Danger yang diperoleh dengan teknik purposive sampel. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial yaitu uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukan gaya belajar siswa kelas IV SDN 06 Danger cenderung memiliki gaya belajar visual dengan jumlah 23 siswa, presentase sebesar 57,5%, gaya belajar auditori dengan jumlah 10 siswa, presentase sebesar 25%, dan gaya belajar kinestetik dengan jumlah 7 orang, presentase sebesar 17,5%. Hasil belajar IPS siswa yang dilihat dari nilai ulangan akhir semester (UAS) menunjukan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual memperoleh nilai rata- rata hasil belajar sebesar 80,35, gaya belajar auditori sebesar 78,70, dan gaya belajar kinestetik 79,71. Berdasarkan analisis data One Way Anova dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,530 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini berarti tidak terdapat Hubungan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 04 Masbagik Tahun 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:36
Last Modified: 20 Sep 2021 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24448

Actions (login required)

View Item View Item