KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur)

MUHIDIN, NASIR (2021) KEPEMIMPINAN PEREMPUAN (Studi Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MUHIDIN NASIR_SKRIPSI KEPEMIMPINAN PEREMPUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan pola kepemimpinan Kepala Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor hambatan Kepala Desa dalam pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala desa Labuhan Lombok, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah perangkat desa, tokoh masyarakat desa Labuhan Lombok. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumenetasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pola kepemimpinan kepala desa Labuhan Lombok adalah kendali bebas dengan 5 indikator, yaitu 1). Gaya santai, 2). Tidak senang mengmbil resiko, 3). Gemar melimpahkan wewenang kepada bawahan, 4). Enggan mengenakan sanksi, 5). Memperlakukan bawahan sebagai rekan. Ada 4 faktor pendukung dalam kepemimpinan kepala desa Labuhan Lombok, yaitu: 1). Semangat kerja, 2). Dukungan keluarga dan masyarakat, 3). Materi atau keadaan ekonomi sebagai seorang pengusaha, 4). Perangkat desa yang mumpuni. Kemudian, ada 2 faktor hambatan dalam kepemimpinan kepala desa Labuhan Lombok, yaitu: 1). Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya penertiban administrasi desa, 2). Tekanan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pola Kepemimpinan, Faktor Pendukung, Faktor Hambatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:36
Last Modified: 20 Sep 2021 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item