PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU PASCA PADI BERAS MERAH KONVENSIONAL DAN SISTEM IRIGASI AEROBIK TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH PADA BERBAGAI POLA BARISAN

Muhammad, Billy Rahman Rabani (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU PASCA PADI BERAS MERAH KONVENSIONAL DAN SISTEM IRIGASI AEROBIK TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH PADA BERBAGAI POLA BARISAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Muhammad Billy Rahman Rabani_C1M017088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik budidaya padi antara teknik konvensional dan sistem irigasi aerobik tumpangsari dengan kacang tanah serta pengaturan pola barisan terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau tugal langsung pasca padi beras merah. Percobaan dilaksanakan di Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat dari bulan Juni sampai Agustus 2020, yang ditata menurut Split Plot design, dengan tiga ulangan dan dua faktor perlakuan, yaitu teknik budidaya padi musim tanam sebelumnya (T) sebagai petak utama (T1= padi konvensional; T2= sistem irigasi aerobik tumpangsari padi dan kacang tanah) dan pola barisan kacang hijau (B) sebagai anak petak (B1= barisan single-row, B2= double-row, B3= tripe-row). Data dianalisis dengan analisis keragaman dan uji beda nyata jujur pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor teknik budidaya padi berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan komponen hasil kacang hijau yang ditugal langsung pasca padi, yaitu lebih tinggi pasca padi sistem irigasi aerobik tumpangsari dengan kacang tanah dibandingkan dengan pasca padi konvensional. Pola barisan umumnya tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, tetapi berpengaruh nyata terhadap komponen hasil tanaman kacang hijau. Namun terdapat pengaruh interaksi antara kedua faktor perlakuan terhadap tinggi tanaman, laju pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah polong, jumlah biji, dan hasil biji kacang hijau tugal langsung pasca padi, di mana hasil biji kacang hijau tertinggi pada barisan double row jika ditugal langsung pasca padi sistem irigasi aerobik tumpangsari dengan kacang tanah, sedangkan jika pasca padi konvensional, hasil biji tertinggi pada pola barisan single row.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kacang hijau, pasca padi, sistem aerobik, konvensional, pola barisan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:37
Last Modified: 20 Sep 2021 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24455

Actions (login required)

View Item View Item