PENGENALAN MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA DENGAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PLUS QAMARUL-LAIL AIKMEL

Siti, Yaumul Afifah (2021) PENGENALAN MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA DENGAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM PLUS QAMARUL-LAIL AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI YAUMUL AFIFAH.df.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan mengenai Pengenalan Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Media Playdough pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Plus Qamarul-lail, dapat disimpulkan bahwa cara-cara yang dilakukan yaitu: menggunakan pengenalan melalui media gambar yang berfungsi memberikan gambaran kepada anak mengenai jenis-jenis makanan 4 sehat 5 sempurna, menuliskan nama dari setiap makanan dibuku tugas yang berfungsi untuk menguatkan ingatan serta pengetahuan anak, mengenalkan bahan-bahan untuk membuat playdough serta menjelaskan tahapan pembuatannya yang akan digunakan untuk membuat replika makanan sebagai bentuk pengenalan makanan 4 sehat 5 sempurna melalui media playdough. Hasil penelitian yang didapatkan 5 orang anak yang diteliti, menunjukkan bahwa sudah banyak mengetahui tentang nama dari makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga memperoleh skor dari setiap deskriptor sesuai dengan tabel di atas. Adapun nilai dari indikator 1 mencapai 75%, indikator 2 mencapai 70% dan indikator 3 mencapai nilai 71%. Pada setiap indikator memiliki deskriptor yang harus dicapai oleh semua anak, dari 1 deskriptor yang menyatakan anak mampu membentuk gelas dan susu, memiliki sedikit kesulitan, dikarenakan pembentukan gelas yang terlalu rumit untuk anak. Namun sebagian besar deskriptor sudah dicapai dengan baik oleh setiap anak, dapat dilihat pada hasil capaian yang diperoleh banyak mendapat skor 3 yang menunjukkan anak sudah banyak mengenal makanan 4 sehat 5 sempurna setelah diberikan tindakan pengenalan melalui media gambar yang dilakukan pada awal kegiatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Makanan 4 sehat 5 sempurna, Playdough, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:38
Last Modified: 21 Sep 2021 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24471

Actions (login required)

View Item View Item