PROBLEMATIKA PADA PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN 1 MIDANG 2020/2021

AFRA, ULA GHANIYYAH (2021) PROBLEMATIKA PADA PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN 1 MIDANG 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AFRA ULA GHANIYYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru dalam melaksanakan penilaian autentik di SDN 1 Midang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Narrative Inquiry. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru diantaranya; 1) kesulitan guru dalam membuat dan mengembangkan instrument penilaian. 2) kesulitan guru dalam memberikan skor. 3) Kesulitan guru dalam menilai berdasarkan aspek penilaian autentik. 4) kesulitan guru dalam menggunakan teknik penilaian autentik. 5) kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian dikelas. 6) kesulitan guru dalam mengolah nilai. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan penilaian autentik. 2) ketersediaan waktu. 3) sarana dan prasarana yang kurang memadai 4) materi pelatihan penilaian autentik. 5) jumlah siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN Gugus I Kecamatan Janapria mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Faktor penyebab yang paling berdampak yakni karena kurangnya pemahaman guru tentang penilaian autentik dan ketersediaan waktu yang sangat terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problematika Penilaian Autentik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:38
Last Modified: 21 Sep 2021 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24473

Actions (login required)

View Item View Item