ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 PUJUT TAHUN AJARAN 2020/2021

KUNIM, SRIATI (2021) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI TAKSONOMI SOLO PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 PUJUT TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KUNIM SRIATI (E1R016045) P.MATEMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta penyebabnya yang dilakukan oleh siswa kelas VII SMPN 7 Pujut tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar berdasarkan level taksonomi SOLO. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan berupa soal tes serta pedoman wawancara. Sampel dalam penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VII SMPN 7 Pujut yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Setelah terpilih satu kelas kemudian dipilih beberapa siswa sesuai dengan level taksonomi SOLO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa melakukan jenis-jenis kesalahan menurut objek dasar matematika yaitu kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan prinsip. Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal yaitu: penyebab kesalahan fakta adalah siswa tidak memahami maksud dari soal yang meliputi apa yang diketahui dan ditanyakan serta dalam menentukan hasil akhir; penyebab kesalahan konsep adalah siswa tidak paham dengan rumus yang digunakan; penyebab kesalahan operasi adalah siswa kurang teliti dalam perhitungan; dan penyebab kesalahan prinsip adalah siswa kurang memahami langkah-langkah penyelesaian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Objek Dasar Matematika, Taksonomi SOLO
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:44
Last Modified: 22 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24487

Actions (login required)

View Item View Item