ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS V DI SDN 24 CAKRANEGARA KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

SUPROBIO, FIRMANDO (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS V DI SDN 24 CAKRANEGARA KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUPROBIO FIRMANDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran daring kelas V di SDN 24 Cakranegara Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Model Analisis Interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kesulitan guru dalam pembelajaran daring kelas V di SDN 24 Cakranegara Kota Mataram terdapat tiga aspek kesulitan yang dialami oleh guru, yaitu kesulitan dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Hasil penelitian dari masing-masing aspek menunjukkan bahwa kesulitan dalam merencanakan pembelajaran daring dengan letak kesulitan dalam memahami pembelajaran daring, kesulitan dalam mempersiapkan materi pembelajaran, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran, kesulitan dalam menentukan media pembelajaran, kesulitan dalam menentukan sumber belajar, dan kesulitan dalam menyiapkan instrumen penilaian. Kemudian hasil kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan letak kesulitan dalam proses penyampaian materi, metode yang digunkan, media yang digunakan, dan sumber belajar yang digunakan. Terakhir, kesulitan dalam mengevaluasi pembelajaran daring terletak pada kesulitan dalam menilai pengetahuan dengan menilai hasil belajar, kesulitan dalam mengevaluasi sikap siswa, dan kesulitan dalam menilai keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran daring, Kesulitan guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:44
Last Modified: 22 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item