PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021

TIKA, KOMANG SANTHYA DEWI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TIKA KOMANG SANTHYA DEWI E1E217175 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 19 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 19 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021, sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya menguji hipotesis penelitian dan uji lanjutan dengan uji effect size. Kemudian data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian, Hasil analisis data didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,001 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig. 2 tailed < 0,05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 19 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Selanjutnya untuk melihat seberapa besar pengaruh model pembelajaran Open Ended terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 19 Cakranegara maka dilakukan uji lanjutan menggunakan uji effect size maka diperoleh nilai sebesar 1,00 yakni termasuk dalam kategori besar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran open ended memiliki perubahan terhadap hasil belajar kognitif siswa terlihat dari proses pembelajaran dikelas serta model pembelajaran open ended memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji hipotesis diperoleh sig. 2 tailed sebesar 0,001 < 0,05. Besar pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar IPS sebesar 1,00 termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Open Ended dan Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:44
Last Modified: 22 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24494

Actions (login required)

View Item View Item