Studi Pelaksanaan Program Raskin Pola Padat Karya Pangan dengan Sistem Wanatani pada Lahan Kering di Kabupaten Timor Tengah Utara’ (‘Study on the implementation of integrated system in dry land in the Regency of Timor Tengah Utara’).

Chairel Malelak, Chairel Malelak (2015) Studi Pelaksanaan Program Raskin Pola Padat Karya Pangan dengan Sistem Wanatani pada Lahan Kering di Kabupaten Timor Tengah Utara’ (‘Study on the implementation of integrated system in dry land in the Regency of Timor Tengah Utara’). Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 1 (1). pp. 42-51. ISSN 2461-0666 / 2461-0720

[img]
Preview
Text
L.A.1.b.3.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Program raskin pola padat karya pangan adalah program raskin nasional yang di rubah oleh Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara dari program raskin dengan ganti uang menjadi program raskin dengan ganti kerja. Kerja dilakukan pada kebun oleh setiap rumah tangga miskin dengan penerapan sistem wanatani lahan kering. Kebun yang dikerjakan seluas 0,25 ha per tahun, sehingga setiap tahun terjadi penambahan kebun menetap dan mengurangi perladangan berpindah dengan pola tebas bakar yang merusak hutan. Tujuan penelitian ini :1). Mengetahui pelaksanaan program raskin pola padat karya pangan dengan sistem wanatani pada lahan kering di Kabupaten Timor Tengah Utara; 2). Mengetahui proses distribusi beras program raskin pola padat karya pangan sampai pada tingkat rumah tangga petani; 3). Mengetahui pelaksanaan sistem wanatani oleh petani peserta program raskin pola padat karya pangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program raskin pola padat karya pangan mulai dari kabupaten sampai desa dilakukan dengan membentuk tim koordinasi dan tim pelaksanana. Proses distribusi beras sudah berjalan baik yang terlihat dari rencana distribusi beras sama dengan realisasi beras kepada setiap rumah tangga miskin yang ada di desa. Sementara sistem wanatani yang dikembangkan adalah model agrisilviculture yaitu pengembangan tanaman pangan/hortikultura dan tanaman pohon/kayu (tahunan) pada suatu areal lahan kering, sedangkan pelaksanaan sistem wanatani dilakukan dengan lima kegiatan utama yaitu pengolahan tanah (PT), pembuatan terasering dan pemupukan (PTP), penanaman tanaman semusim dan tanaman umur panjang (TSTUP), penanaman tanaman sela dan penyiangan (PTSP), dan perawatan tanaman umur panjang (PTUP)

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Raskin Program, Agroforestry, Household Poor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Prof. Ir. Taslim Sjah, M.App,Sc., Ph.D.
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:08
Last Modified: 22 Sep 2021 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24499

Actions (login required)

View Item View Item